Kegiatan asesmen siswa inklusi jenjang sekolah dasar

Image

Kegiatan asesmen siswa inklusi jenjang sekolah dasar

Disdik BB|| Kegiatan asesmen siswa inklusi jenjang sekolah dasar yang diadakan di Aula Hotel dan Resort Green Star Park Kabupaten Simalungun, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan yaitu Jonnis Marpaung, S.Pd, Kabid Pembinaan SD yaitu Ardat, M.Pd, Kabid Pembinaan SMP yaitu Esti Diah Ginarti, SE dan rekan-rekan yang turut hadir dalam mengsukseskan acara tersebut.

Assesmen yang terkait dalam pendidikan luar biasa adalah suatau kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi atau data yang relevan untuk membuat suatu keputusan tentang seorang individu. Data-data dan informasi yang dapatkan berkaitan dengan suatu kekuatan dan kebutuhan masing-masing individu.

Kegiatan assesmen inilah menjadi titik fokus utama dalam bidang pendidikan sekarang.  selain itu Assesmen dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan atau pedoman dalam melakukan tindakan pendidikan anak luar biasa yang disesuaikan dengan kebutuhan anak yang mengalami gangguan atau kelainan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pendidikan, meningkatkan perolehan hasil belajar bagi semua peserta didik, meningkatkan pemberdayaan nilai-nilai budaya lokal dalam seluruh proses penyelenggaraan pendidikan, dan meningkatkan peran tiga komponen (orang tua, masyarakat, dan pemerintah) dalam penyelenggaraan pendidikan.